Cara Mengunci File Excel dengan Password

poldababel.id – Cara mengunci file excel dengan password sangatlah mudah. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk melindungi data di Excel.

Excel adalah aplikasi dokumen berbasis lembar yang dibuat oleh Microsoft. Anda dapat menggunakan Excel untuk berbagai keperluan, terutama di tempat kerja.

Dilansir dari ppklkemenkop.id, Excel adalah salah satu aplikasi dokumen penting yang digunakan tidak hanya oleh individu, tetapi juga oleh bisnis, pemerintah, dan banyak lembaga lainnya.

Jadi apakah file tersebut berisi grafik atau soal baris dan kolom data, cara terbaik untuk melindungi informasi yang dikandungnya adalah dengan menggunakan kata sandi.

Jadi bagaimana cara mengunci file Excel dengan kata sandi? Gampang kok, yuk simak!

Cara Mengunci File Excel dengan Password

Cara Mengunci File Excel

Format Excel biasanya bagus untuk membuat catatan dan menyimpan data penting. Oleh karena itu, Anda mungkin perlu melindungi data dengan kata sandi agar tidak dapat diubah secara sembarangan.

Microsoft tampaknya telah memikirkan hal ini. Oleh karena itu, ada fitur proteksi buku kerja di Excel yang bisa Anda gunakan. Pada dasarnya, Anda dapat mengatur kata sandi agar data Excel Anda tidak berubah secara tidak sengaja.

metode:

  1. Buka dokumen Excel yang ingin Anda simpan
  2. Klik File > Informasi
  3. Kemudian klik tombol Protect workbook > pilih Encrypt with password
  4. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi baru.

Tips memilih kata sandi

Memilih kata sandi yang benar bisa sedikit rumit bagi Anda. Kata sandi yang baik harus mengandung simbol dan tidak mudah ditebak orang. Masalahnya adalah Anda bisa lupa jika membuat kata sandi yang terlalu sulit.

Sebaiknya pilih kata sandi yang terdiri dari kombinasi angka, simbol, dan huruf kapital. Pastikan kata sandi mudah diingat, misalnya tentang sesuatu yang berhubungan dengan Anda.

Pasalnya jika lupa password, bisa dikatakan file tersebut tidak bisa dibuka kembali. Tidak ada cara untuk memulihkan file jika Anda lupa kata sandi Anda.

Kata sandi harus dimasukkan

Sekarang, jika Anda menetapkan kata sandi, saat berikutnya Anda mencoba membuka file, Excel akan meminta Anda untuk mengetikkan kata sandi.

Anda harus tahu bahwa kata sandi ini hanya melindungi file yang telah Anda instal dengan kata sandi, tidak semua dokumen Excel di laptop Anda.

Oleh karena itu, Anda mungkin perlu mengatur kata sandi satu per satu untuk file yang menurut Anda perlu.

Jika ingin mengecek apakah file tersebut terproteksi password atau tidak, silahkan masuk ke tab Information dan perhatikan bagian Protect Workbook. (https://kuliahpendidikan.com/)

Lebih banyak fitur keamanan

Menariknya, pengaturan kata sandi adalah salah satu fitur keamanan Excel. Ada banyak fitur lain yang dapat Anda gunakan, tanpa harus menetapkan kata sandi sama sekali.

Tepatnya, ada 4 opsi keamanan selain enkripsi kata sandi di Excel yang bisa Anda coba. Fitur bervariasi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Anda hanya perlu mengklik opsi untuk melindungi buku kerja. Menu tarik-turun akan muncul dengan opsi berikut:

  • Tandai sebagai final. Ini berarti pekerjaan Anda pada file selesai. Opsi ini memberi tahu orang lain untuk tidak membuat perubahan lebih lanjut pada konten file. Opsi ini hanya memberi tahu orang lain ya, dan tidak ada perlindungan sama sekali.
  • Lindungi lembar saat ini. Opsi ini akan melindungi lembar terbuka dengan kata sandi sehingga orang lain tidak dapat mengubah data. Ini mungkin pilihan Anda jika Anda hanya perlu melindungi satu lembar, sementara Anda dapat memodifikasi dan mengubah lembar lainnya.
  • Akses terbatas. Opsi ini dapat membatasi akses ke file Excel Anda. Ini berarti tidak semua orang dapat membuka file, hanya mereka yang Anda izinkan.
  • Tambahkan tanda tangan digital. Anda dapat memastikan bahwa hanya Anda yang dapat mengakses dan mengontrol file Excel dengan menambahkan tanda tangan digital yang unik.

peringatan kata sandi

  • Microsoft tidak dapat mengakses kata sandi Anda yang terlupakan. Pastikan kata sandinya kuat dan mudah diingat.
  • Tidak ada batasan password yang Anda pilih, baik itu panjang password, huruf, angka dan sejenisnya.
  • File Excel yang berisi informasi sensitif seperti nomor kartu kredit atau sejenisnya tidak 100% aman dan dilindungi kata sandi.
  • Berhati-hatilah saat berbagi sandi dengan orang lain.
Rate this post